Tips Agar Tidak Cepat Lelah Dari Perjalanan Panjang Pesawat

Tips Agar Tidak Cepat Lelah Dari Perjalanan Panjang Pesawat

Sebagian besar pelancong berusaha memanfaatkan waktu mereka yang terbatas di luar negeri, namun gagal memperhitungkan lompatan di zona waktu yang mereka buat dalam hitungan jam. Anda dapat mengambil jam internal tubuh Anda beberapa hari untuk mengejar lompatan itu, dan sementara itu Anda cenderung mengalami gangguan siklus tidur dan bangun Anda yang dikenal sebagai jet lag.

Gejala jet lag termasuk mengantuk di siang hari, insomnia di malam hari, konsentrasi yang buruk, kebingungan, kelaparan pada waktu yang tidak tepat atau kurang nafsu makan, dan malaise umum dan mudah tersinggung. Nah, bagi Anda yang suka berpergian dengan menggunakan pesawat terbang, inilah langkah-langkah agar tidak mudah mengalami jet lag selama perjalanan panjang.

Sesuaikan jam internal Anda.

Beberapa hari (setidaknya empat) sebelum keberangkatan, secara bertahap geser waktu tidur dan makan Anda bertepatan dengan yang ada di tempat tujuan Anda. Setelah Anda tiba, adopsi waktu setempat untuk rutinitas harian Anda.

Memilih penerbangan semalam.

Anda akan makan malam pada waktu normal dan jauh lebih mungkin untuk tidur daripada pada penerbangan sore. Bergantung pada panjang penerbangan dan jumlah zona waktu yang Anda lewati, Anda akan sampai di tempat tujuan pada pagi atau sore hari. Ini adalah cara terbaik untuk meniru jadwal normal Anda, dan akan lebih mudah bagi Anda untuk mengatur ulang jam Anda.

Kurangi minum kopi.

Selama 12 jam sebelumnya, dan juga selama, penerbangan Anda, hindari makan berlebih dan kafein. Meskipun kafein dapat membantu Anda tetap terjaga lebih lama, itu membuat Anda terbangun lebih sering setelah Anda tertidur dan mengurangi waktu tidur total.

Tetap terhidrasi.

Minumlah setidaknya 8 gelas air untuk setiap jam Anda di udara-bahkan jika Anda tidak merasa haus. Jika Anda memakai lensa kontak, bersihkan dengan seksama sebelum penerbangan Anda, gunakan obat tetes mata di udara, dan pertimbangkan untuk melepaskan lensa jika Anda tidur siang. Di bungkus membawa sebotol lotion pelembab, lip balm, dan semprotan menghidrasi dengan minyak esensial (bukan hanya air) untuk menyirami wajah Anda sesekali. Pastikan semua peralatan mandi sesuai.

Cobalah tidur di pesawat.

Hal ini sangat penting saat Anda bepergian semalam atau terbang ke barat ke timur. Perjalanan sangat melelahkan, dan semakin banyak istirahat tubuh Anda dalam perjalanan semakin siap Anda akan menghadapi tekanan jet lag. Jika Anda menggunakan penerbangan yang sangat panjang – Amerika Serikat ke Asia, misalnya – pertimbangkan untuk menabung cukup banyak dolar atau mil frequent flier untuk menerbangkan bisnis atau kelas satu, karena jauh lebih mudah untuk tidur saat tempat duduk Anda terus berlanjut sepanjang perjalanan pulang.

Jika Anda tidak dapat menghindari pelatih, pilihlah tempat duduk di dekat jendela dan bawalah bantalan yang cukup (bantal atau sesuatu yang dapat bertindak seperti itu) untuk menopang diri Anda melawan dinding.

Gunakan pil tidur dengan bijak.

Pil dengan siklus pendek bisa membantu dalam penerbangan semalam. Pastikan, bagaimanapun, bahwa Anda mengatur dosisnya dengan benar atau Anda mungkin sangat grogi saat mendarat. Selain itu, pesawat terbang bukanlah tempat untuk mencoba pil untuk pertama kalinya, jadi hanya minum obat yang sudah Anda kenal.

Lihat apakah melatonin cocok untuk anda.

Pertimbangkan melatonin obat yang tidak diresepkan. Penelitian menunjukkan bahwa tubuh menggunakan hormon ini untuk mengatur jam waktunya.

Karena melatonin nampaknya bisa mengontrol saat kita tidur dan saat kita bangun, sejumlah ilmuwan menganjurkan suplemen untuk meringankan jet lag. Beberapa studi (tapi tidak semua) menunjukkan bahwa mengambil 2-3 miligram pelatonin pelepasan cepat sebelum tidur selama beberapa hari setelah tiba di zona waktu baru dapat mempermudah transisi.

Pergi keluar rumah.

Setelah tiba, habiskan banyak waktu di bawah sinar matahari, yang akan membantu tubuh Anda mengatur ulang jam waktu alaminya bertepatan dengan lingkungan baru Anda.

Jangan terlalu lelah.

Kecuali Anda tiba di tempat tujuan Anda di malam hari, dan cukup dekat dengan waktu tidur normal, jangan tertidur begitu Anda sampai di hotel.

Kecuali Anda biasa tidur siang sebentar di rumah, sebaiknya tidurlah sampai tidur: Jika Anda benar-benar lelah melakukan perjalanan, tidur siang 20 menit dapat dengan mudah menjadi tidur siang tiga jam, yang akan mengganggu Anda. Jadwal tidur lebih lama lagi-Anda mungkin akan terbangun pada jam 4 pagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recommended
Recommended
Aturan mode in-flight berbeda dengan yang ada di lapangan. Saat…